Prosesi Pengukuhan Juru Sita Pajak Pemkot Yogyakarta. (Foto: Diskominfosan)

Pentingnya Kedudukan Juru Sita Pajak Pemkot Yogyakarta

Advertisements

YOGYAKARTA- Kedudukan tim juru sita pajak sangatlah penting dalam tindakan penegakan aturan dan penagihan pajak serta diharapkan mampu memberikan efek jera bagi wajib pajak yang sulit untuk tertib membayar dan menyelesaikan tunggakan pajak. Demikian disampaikan Walikota Yogyakarta,   Singgih Raharjo, pada saat pengukuhan tim juru sita pajak Pemerinah Kota (Pemkot) Yogyakarta, Senin (18/12/2023), di Balaikota Yogyakarta, Timoho Yogyakarta.

“Target penerimaan pajak daerah Kota Yogyakarta tahun 2023  sekitar Rp 467 Milyar, dapat terealisasi karena optimalisasi PAD (Pendapatan Asli Daerah) Kota Yogyakarta dari sektor pajak daerah. Realisasi pajak ini harus  ditingkatkan untuk mempercepat pemerataan pembangunan di Kota Yogyakarta”, tambah Singgih.

Singgih menandaskan dengan membayar pajak, wajib pajak turut serta berpartisipasi dan berperan serta mendorong pertumbuhan ekonomi untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat.

Pada kesempatan yang sama ,  juru sita pajak , Nur Amalia Hartono mengungkapkan bahwa wajib pajak yang tertib dalam membayar pajak, lebih banyak dibanding  yang tidak membayar pajak.

“Meski demikian, upaya penertiban pajak tetap harus dilaksanakan untuk optimalisasi PAD sebagai sumber daya pembangunan Kota Yogyakarta”, lanjut Nur.

Nur menjelaskan, juru sita pajak yang dikukuhkan 3 orang PNS (Pegawai Negeri Sipil) dari Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD). Mereka bertugas melakukan penagihan pajak, meliputi penagihan seketika dan sekaligus. Kemudian pemberitahuan surat paksa, penyitaan dan penyanderaan, setelah upaya penagihan aktif biasa seperti surat himbauan, surat teguran belum  terealisasi. Selanjutnya wajib pajak  diberikan surat pemblokiran rekening, bahkan bisa dilakukan penyitaan dan pelelangan, hasilnya  akan digunakan untuk menyelesaikan tunggakan pajaknya.

(Norwien/ Tim Redaksi)

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *