Pj. Wali Kota Jogja , Sugeng Purwanto (paling kanan) sedang berbincang dengan Sekda Kota Jogja, Aman Yuriadijaya dan Kepala DLH Kota Jogja, Sugeng Darmanto, Kamis malam (30/5/2024), ketika memantau pembersihan tumpukan sampah di Depo Mandala Krida, Yogyakarta. (Foto : Kominfosan Kota Jogja)

Pemkot Jogja Terus Galakkan Penyelesaian Masalah Sampah

Advertisements

YOGYAKARTA-Penyelesaian terhadap persoalan sampah masih terus digalakkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta, karena itu bukti komitmen Pemkot  Yogyakarta dalam menyelesaikan masalah sampah. Demikian disampaikan Pj. Wali Kota Yogyakarta, Sugeng Purwanto, ketika memantau pembersihan tumpukan sampah di Depo Mandala Krida, didampingi  Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Yogyakarta, Aman Yuriadijaya dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogyakarta , Sugeng Darmanto, Kamis malam (30/5/2024)

“Selain Depo Mandala Krida, hari ini pembersihan  juga dilakukan di Depo Utoroloyo dan Depo Pengok. Besok kita akan melakukan pembersihan di Depo Tompeyan dan Kotabaru,” lanjut Sugeng Purwanto

Dalam pembersihan ini, menurut Sugeng  , digunakan 10 armada truk dan  berhasil mengangkut sampah 500 ton. Sedang  jumlah sampah yang ada di depo-depo mencapai 750 ton, sisanya akan dioptimalkan di tiga Tempat Pengelolaan Sampah Reduce Reuse Recycle (TPS 3R) milik Pemkot.

Pada saat yang sama, Sugeng Darmanto mengungkapkan pengelolaan sampah di TPS 3R, sudah operasionalnya  80 persen. Seiring dengan pembangunan TPS 3R Karangmiri dan Kranon. Sementara untuk TPS 3R Nitikan sudah beroperasi100 persen.

“Ketiga TPS 3R ini nantinya dapat mengolah kurang lebih 200 ton sampah perhari”, jelasnya.  Untuk itu, Sugeng optimis tumpukan sampah di depo-depo, dapat dibersihkan secara perlahan. (Norwien/ Redaksi)

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *