UAD Yogyakarta mengadakan pelatihan penulisan makalah bagi para guru SMA se-DIY.

PBSI UAD Yogyakarta dan MGMP Bahasa Indonesia SMA di DIY Adakan Pelatihan Penulisan Makalah bagi Para Guru

Advertisements

YOGYAKARTA – Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta bekerja sama dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia SMA Provinsi DIY mengadakan pelatihan penulisan makalah bagi guru. Kali ini, penyelenggara menghadirkan narasumber para dosen PBSI FKIP UAD Dra Triwati Rahayu MHum, Roni Sulistiyono MPd, dan Dr M Ardi Kurniawan MA.

Kaprodi PBSI-FKIP UAD Yogyakarta Roni Sulistiyono MPd mengatakan, kegiatan tersebut bagian dari program reguler Program Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) dan bertema ‘Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Guru Bahasa Indonesia SMA se-DIY’.

“Kegiatan pelatihan diawali pemaparan materi oleh narasumber di Kampus 4 UAD pada tanggal 14 Juni 2022. Kemudian, tanggal 21 Juni 2022 dilakukan kegiatan berbagi pengalaman penulisan artikel yang disampaikan Dra Triwati Rahayu MHum, Roni Sulistiyono MPd, Dr M Ardi Kurniawan MA, Dra Retna R Widawati, dan Agriyati SPd. Selanjutnya, kegiatan yang dilakukan pendampingan secara online. Pada tanggal 19 Juli 2022 dilakukan presentasi artikel oleh para peserta. Kegiatan pelatihan diikuti 54 guru dari berbagai SMA di DIY,” kata Roni, Kamis (21/07/2022).

Roni yang juga anggota Tim PPM UAD Yogyakarta ini melanjutkan, kegiatan tersebut merupakan bagian implementasi kerja sama antara PBSI FKIP UAD dengan MGMP Bahasa Indonesia SMA DIY.

Ketua MGMP Bahasa Indonesia SMA DIY Dra Retna R Widowati berpendapat, pelatihan tersebut dilakukan dengan tujuan agar guru-guru Bahasa Indonesia mampu menghasilkan makalah yang dipublikasi di jurnal ilmiah atau prosiding seminar. “Harapannya, dengan adanya publikasi ilmiah tersebut bisa digunakan guru untuk kenaikan jabatan,” tegasnya.

Sementara itu, Wakil Dekan FKIP UAD Yogyakarta Dr Dody Hartanto MPd berterima kasih atas kesediaan MGMP Bahasa Indonesia Provinsi DIY menjadi mitra kerja sama PBSI FKIP UAD dalam berbagai kegiatan rutin pengabdian yang dilaksanakan dengan bantuan LPPM UAD. Selain itu, lanjut Dody, juga menyampaikan perlunya guru-guru meneliti character loss pada masa setelah pandemi sebagai topik makalah yang penting dan perlu diangkat. (tim redaksi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *