Vending machine JumpStart memasarkan produk-produk UMKM.

Berkat Kontribusi Terhadap UMKM Indonesia, JumpStart Indonesia Raih Penghargaan Smart Technology – Retail pada Asian Technology Excellence Awards 2023   

Advertisements

JAKARTA – JumpStart Indonesia, startup pionir mesin kopi pintar yang dikenal sebagai pengembang teknologi smart retail berhasil meraih penghargaan pada kategori Technology Excellence Award – Smart Technology Retail pada ajang Asian Technology Awards 2023. Tahun 2023 ini, Asian Technology Excellence Awards diikuti beberapa negara di Asia. Seperti Brunei, China, Filipina, Myanmar, Pakistan, Thailand, Vietnam, dan lainnya.

Penghargaan ini diberikan pada JumpStart Indonesia sebagai pengakuan atas kontribusi luar biasanya dalam memajukan sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Indonesia dengan platform ritel cerdas end-to-end yang memanfaatkan teknologi informasi (TI) dan mesin untuk memberikan solusi komprehensif dalam logistik, pemasaran, perkiraan, pelaporan, dan analisis.

Platform ini membantu pelaku UMKM meminimalisir biaya operasional dan pemasaran, sehingga mereka bisa menjangkau pasar potensial dengan lebih efisien. Caranya, dengan menawarkan pusat terpadu untuk pengumpulan dan distribusi produk melalui vending machine pada lokasi strategis di kota-kota besar.

Selain itu, pembagian data inventaris dan penjualan secara real-time, serta simulasi dan otomatisasi dengan sistem ini memungkinkan penjual mengelola bisnis mereka dari jarak jauh dan mendapatkan insights untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis mereka.

“Saat ini, UMKM di Indonesia tengah berkembang pesat. Data Kementerian Koperasi dan UKM tahun 2022, terdapat 64,2 juta UMKM yang berkontribusi sebesar 61% terhadap PDB Indonesia. Untuk itu, JumpStart berupaya mendukung perkembangan UMKM dengan memperluas distribusi produk-produk UMKM lewat vending machine pintar kami yang sudah terintegrasi dengan berbagai solusi yang bisa mengoptimalkan penjualan produk untuk mencapai basis konsumen yang lebih luas. Mesin kami juga tidak terbatas menjual makanan dan minuman, tetapi juga menjual hasil karya UMKM lainnya. Seperti tas, sepatu, baju, dompet bahkan kerajinan logam mulia,” kata CEO JumpStart Indonesia Brian Imawan, Rabu (2/9/2023).

Brian meneruskan, komitmen JumpStart dalam mendukung UMKM Indonesia dimulai pada kegiatan Locale Pop Up yang berkolaborasi dengan salah satu e-commerce Indonesia pada 2022. Saat itu, peresmian dilakukan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah RI Teten Masduki. Vending machine pintar JumpStart memasarkan produk makanan dan minuman dari UMKM binaan e-commerce tersebut selama 20 hari di Grand Indonesia dan berhasil menjual 11 macam produk UMKM kepada hampir 196.000 konsumen yang mendorong peningkatan pertumbuhan penjualan sebesar 18% per produk UMKM.

Guna memaksimalkan dukungan terhadap UMKM, tidak tanggung-tanggung JumpStart menerapkan sistem pembelian putus, sehingga UMKM tidak perlu mengkhawatirkan adanya resiko barang yang diretur karena tidak laku dan dengan sistem beli putus tersebut.

“Kami berkomitmen untuk terus membantu UMKM. Dalam waktu dekat, kami akan meluncurkan jenis mesin baru lagi yang tidak saja akan membantu distribusi produk UMKM, tetapi juga membuka peluang bisnis baru untuk UMKM dengan harapan bisa memberikan dampak positif pada ekonomi dan masyarakat Indonesia,” imbuh Brian.

Penghargaan tersebut juga menegaskan pentingnya kolaborasi antara penyedia teknologi dan UMKM, menyoroti potensi kemitraan yang saling menguntungkan dalam mendorong pertumbuhan pendapatan dan mendukung distribusi produk asli. Tim Jumpstart melihat kemenangan ini sebagai motivasi mengembangkan bisnis mereka, mengakomodasi lebih banyak wilayah, dan melayani demografi yang lebih luas. Pada akhirnya, berkontribusi terhadap kemajuan industri ritel di Indonesia.(Arumi/ Tim Redaksi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *